Rabu, 04 Juli 2012

PELAYANAN HARUS BERBUAH

keterangan gbr :
suebu mike
pengelolah blog Pemuda GIDI dan
facebook/pmd GIDI.com


shallom,
sahabat muda yang kami kasihi dalam TUHAN YESUS KRISTUS, dalam posting artikel kali ini, kami akan meng-share mengenai kehidupan kekristenan yang berbuah, dan mungkin tepatnya kami memberi tema "Pelayanan Harus Berbuah" (bahan renungan dari injil Lukas 13:6-9)

Adalah sebuah ilustrasi yang di ceritakan bahwa ........
seorang petani menanam pohon ara didalam kebun anggurnya.  Kalau dilihat dari namanya (kebun anggur), tentu bayangan yang terkonsep dalam pikiran kita adalah suatu luasan lahan yang dipenuhi dengan tanaman anggur..
Berbeda dalam pembacaan kita bahwa seorang petani menempatkan pohon ara ditengah kebun anggurnya.  Memang kita tidak mengetahui berapa jumlah pohon ara yang ada didalam kebun anggur tersebut, tetapi yang jelas bahwa ada pohon ara disana.

Dilanjutkan lagi dalam pembacaan kita, bahwa petani ini datang dan mencari buah dari pohon ara tersebut tetapi tidak ditemukan, dan... dikatakan bahwa orang ini/ petani sipemilik kebun ini rupanya sudah berulang kali datang untuk mencari buah ara dan sudah berulang kalipulah ia tidak menemukan buah. Dalam bacaan kita dikatakan sudah tiga tahun orang tersebut datang tetapi ia tidak mendapatkan buah, akhirnya ia menyuruh pengelolah kebun anggurnya untuk menebang pohon ara itu karena tidak berbuah.

Dikisahkan selanjutnya bahwa ada suatu "permohonan belas kasihan" (kemurahan) yang diminta oleh pengelolah kebun anggur itu kepada petani/ pemilik kebun itu, dengan harapan waktu yang ada oleh sipengelola akan diberikan pupuk dan juga perhatian yang ekstra supaya pohon ara dapat berbuah. Cerita dari bacaan kita berhenti disitu.

Sahabat muda.......
analogi pohon ara adalah setiap orang yang selalu menopang pekerjaan/pelayanan, entah dia sebagai pemberita injil, pendoa syafaat, pemberi, gembala, pengajar, atau apapun bentuk sumbangsi kita dalam pembangunan Tubuh Kristus.
Ya... kalau kita membandingkan pohon ara dan anggur, tentunya perbedaannya sangat nyata bahwa pohon ara memiliki batang yang keras sedangkan pihon anggur merupakan jenis tanaman merambat, sehingga dengan adanya pohon ara dikebun anggur supaya pokok anggur dapat bergantung di cabang cabangpohon arah dan dapat berbuah dengan baik.

Demikian maka jelaslah bahwa setiap penopang didalam jemaat TUHAN adalah pojon pohon ara yang ditempatkan TUHAN yang maha kuasa didalam kebun anggur (jemaat) supaya dapat menopang jemaat untuk menghasilkan buah dengan baik.

Dengan perkembangan Gereja TUHAN sampai saat ini, saya percaya semua pekerja diladdang TUHAN telah menunjukan loyalitas yang tinggi dan berhasil dalam tugas serta fungsinya masing masing.  Tetapi sahabat muda,.....
Tuhan pencipta alam semesta, tidak hanya melihat kita menopang pelayanan dengan fungsi kita masing masing, tetapi lebih dari ini TUHAN mencari, apakah kita menghasilkan buah ataukah hanya menghasilkan daun saja.

Roh Kudus, sebagai pengelolah kebunnya TUHAN, telah menuntun kita dengan memberikan kesempatan kesempatan, (ayt 8) supaya kita dapat berbuah, supaya kelak kita didapati berbuah.

Apakah buah itu

Tentu sahabat muda bertanya-tanya, apakah bentuk buah yang diharapkan dari setiap kita.
banyak sahabat yang pernah saya sering menterjemahkan buah sebagai jiwa, dalam konteks bahwa setiap orang mencari jiwa untuk mengikut/percaya Yesus Kristus.

Sahabat muda,
didalam kitab Galatia 5:22,23, diceritakan bahwa buah buah yang harua ada didalam setiap orang dan tentunya bagi setiap penopang dalam Pekerjaan TUHAN harus lah didalam kehidupannya menghasilkan : kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan kelemah lembutan, dan penguasaan diri.
Apakah kesembilan buah itu telah nampak didalam kehidupan kita ? atau sudah berapa banyak-kah buah yang terlihat didalam kehidupan kita ?

Sangat disayangkan kalau kehidupan kekristenan kita justru menjadi "kepahitan" bagi orang disekitar kita, dan saya percaya, selama kita masih hidup ini merupakan kasih karunia TUHAN yang maha tinggi untuk kita dapat berbuah, dengan kata lain bahwa "masih ada waktu" untuk kita bertobat dan bersungguh sungguh didalam iman percaya kepada YESUS KRISTUS TUHAN, maka seperti yang dikatakan rasul Paulus bahwa....... TUHAN-lah yang memberikan Pertumbuhan....,
demikianlah kita akan terus bertumbuh diladang ALLAH dan menghasilkan buah yang banyak pada musimnya (masmur 1:3)

Tuhan Yesus memberkati.

Published with Blogger-droid v2.0.6

1 komentar:

https://drive.google.com/open?id=0B8cIMYKudcu4NVVnRk11XzR0NkE&authuser=0

Artikel lain